Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Tentang Komodo Yang Tidak Banyak Diketahui, Nomor 1 Tak Disangka!


Kakakiky - Komodo merupakan salah satu icon yang membuat Indonesia menjadi terkenal. Hewan yang satu ini memang hanya bisa ditemukan di tanah air, hingga saat ini komodo hidup secara liar di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Berikut ini 5 fakta mencengangkan dari si komodo ini.

5| Hanya Perlu Makan Sebulan Sekali
Hanya perlu makan sebulan sekali
Hewan ini ternyata hanya makan sebulan sekali loh guys, komodo akan tetap bisa bertahan hidup. Dan jangan sampai salah, hewan satu ini bisa melahap habis mangsanya yang memiliki berat hingga 80% lebih dari berat badannya sendiri, misalkan seperti kambing. Setelah melahap mangsanya mereka akan pergi berjemur di bawah terik matahari agar mempercepat proses metabolisme, serta kemudian memuntahkan tanduk serta gigi dari mangsanya.

4| Mampu Membunuh Kerbau
Sebagai seekor predator, komodo didukung dengan postur tubuh yang besar dengan panjang 3,13 meter dan berat 166 kg. Oleh karena itu, tak salah kalau hewan ini mampu membunuh seekor rusa, babi hutan, bahkan kerbau sekalipun.

3| Gigitan Yang Mematikan
Gigitan yang mematikan
Sebenarnya, bukan gigitannya lah yang mematikan melainkan air liurnya. Mangsa komodo tidak akan berdaya kalau sudah digigit karena air liur mereka mengandung sejumlah bakteri yang berbahaya. Dengan begitu mangsanya akan teracuni oleh air liurnya. Penelitian terbaru saat ini menyebutkan bahwa air liur komodo itu mengandung bisa berkadar rendah.

2| Punya Dua Kelamin
Komodo memiliki dua alat kelamin
Ternyata guys, seekor komodo jantan itu punya dua penis loh, keduanya ini memiliki fungsi yang berbeda, salah satu penis berukuran lebih panjang yang berfungsi memasukkan sperma, sedangkan yang satu lagi berukuran kecil hanya sebagai kamuflase saja.

1| Berasal Dari Australia
Komodo sebenarnya berasa dari Australia
Nah, fakta yang satu ini mungkin cukup mencengangkan ya guys, aku yakin kalau beberapa diantara kalian juga baru tahu tentang hal ini. Meskipun saat ini komodo hanya bisa dijumpai di tanah air, akan tetapi sekelompok peneliti telah membuktikan bahwa komodo memang berasal dari australia guys, dengan ditemukannya fosil-fosil komodo berusia sekitar 300 ribu tahun hingga 4 juta tahun yang lalu di timur australia. Hilangnya komodo ini diperkirakan sekitar 50 ribu tahun yang lalu guys.

Nah itulah fakta-fakta mengenai komodo yang belum banyak diketahui guys, semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kalian ya! Sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "5 Fakta Tentang Komodo Yang Tidak Banyak Diketahui, Nomor 1 Tak Disangka!"